Tuesday, March 11, 2008

Bagaimana Membuat Ring Penghubung Reverse Lens?

Bagi yang hobi foto makro, biasanya sudah mengenal teknik foto dengan menggunakan lensa terbalik (Umumnya disebut teknik Reverse Lens). Teknik seperti ini diadopsi dari konsep Mikroskop bekerja. Dengan adanya 2 buah lensa yang disusun sejajar, dan kita bisa menghasilkan pembesaran obyek yang cukup signifikan.

Bagaimanakah caranya jika kita ingin membuat lensa terbalik tersebut?

Cukup mudah, yang kita butuhkan hanya:
1. 2 buah lensa (satu lensa untuk kamera kita, dan satunya lagi kita pakai sebagai lensa terbalik).
2. Ring penghubung lensa

Untuk lensa terbalik, apakah harus satu jenis atau satu merek dengan kamera kita? Tidak wajib, bahwa lensa terbalik harus satu merek dengan kamera kita.

Terkadang untuk menghubungkan kedua lensa tersebut, ring yang kita gunakan untuk penghubung kedua lensa tersebut sulit dicari di pasaran. Mungkin saja karena ukurannya tidak umum tersedia di pasaran.

Artikel kali ini, akan membahas, bagaimana cara kita mengakali dalam membuat ring penghubung kedua lensa tersebut.
Untuk membuat ring tersebut, yang anda butuhkan adalah:
1. 2 unit filter UV bekas (tidak masalah kacanya lecet atau jamuran). Pastikan bahwa ring tersebut cocok dengan ukuran diameter lensa anda. 1 unit filter nanti akan kita gunakan di lensa kamera anda, dan 1 unit lagi kita gunakan di lensa terbalik. Jadi pastikan sekali lagi bahwa filter tersebut cocok dengan ukuran lensa anda.
2. 1 Lem Besi

Cara Mengerjakannya:
1. Lepaskan masing-masing kaca pada filter tersebut. Cara melepaskannya, anda dapat melihat ada ring kecil yang menjadi pengikat di atas kaca filter tersebut. Pergunakan tang kecil atau obeng kecil dan tipis untuk melepaskan ring yang mengikat kaca tersebut di dalam filter.
2. Rapatkan kedua ring filter yang sudah anda lepaskan kaca tersebut pada sisi ulir yang menjorok ke dalam. Jangan pada ring yang menjorok keluar. Karena bagian tersebut yang akan kita pasangkan pada lensa kamera.
3. Sebelum anda lem, pastikan bahwa kedua ring tersebut dapat terpasang dengan baik pada lensa kamera anda dan lensa terbalik anda

4. Rekatkan dengan menggunakan lem plastik adesif, dan keringkan selama beberapa saat (+/- 30 menit) untuk memastikan semua bagian telah kering.

5. Setelah itu pastikan kedua ring tersebut sudah melekat satu sama lain.



Selesai sudah ring kreasi anda, dan silahkan mencoba foto macro pertama anda dengan menggunakan lensa terbalik.


Selamat Mencoba.

Copyright: Frans Salim (http://fa.fnj-ent.com)

No comments: